Jumat, September 14, 2007

Kesalahan dlm membeli Home Entertainment System

Ketika kita memutuskan untuk membeli barang dengan nilai besar, kemungkinan untuk kita membuat kesalahan semakin besar pula. Jadi, penting mengetahui apa yang terbaik buat kita.Seperti apakah kesalahan2 tersebut? Seperti membeli CD player dan berharap itu dapat memutar keeping DVD kita.Juga kesalahan pembelian yang tidak disesuaikan dengan dekorasi dan kebutuhan kita.
Benar pula bahwa dalam menentukan pembelian Home Entertainment kita yang mahal haruslah sesuatu yang eye-catching dan tidak merusak keseimbangan dekorasi yang sudah ada. Pembelian produk dengan fitur2 canggih yang tidak akan pernah akan anda gunakan juga merupakan suatu pemborosan yang sangat tidak perlu. Dan sering kali kesalahan pembelian terbesar disebabkan oleh keinginan hati kita.
Karena itu, kami mencoba merumuskan sebuah daftar yang dapat membantu anda dalam menentukan pembelian Home Entertainment system.
Ada delapan acuan yang sebaiknya dihindari :
  1. Jangan membeli sesuatu yang terlalu rumit
    Hindari pembelian produk yang rumit dan complex seperti fitur2x canggih yang hampir anda tidak mengerti dan tidak berguna, apalagi suatu fitur baru yang belum di-release secara umum. Kemungkinannya adalah, ketika teknologi tersebut tiba, fitur tersebut sudah ketinggalan. Malahan, fokuslah pada apa yang menjadi tujuan anda sebelumnya. Bukankah kita semua menginginkan LCD dengan gambar dan suara yang bagus DAN indah dipandang? Cobalah memainkan DVD kesayangan anda, bukan DVD demo dan janganlah terpengaruh dengan fitur2 yang tidak anda butuhkan seperti konektivitas Wi-Fi, pemutar MP3, Digital video recording, dll.
    Tips : Cobalah fungsi2 yang ada di remote control-nya. Bila anda sedang di showroom dan menemukan bahkan sales showroom mengalami kesulitan dalam menggunakan remote control tersebut, kemungkinan besar anda juga akan mengalaminya.
  2. Jangan membeli LCD ukuran besar bila ruang anda kecil
    Memang sangat keren untuk memiliki LCD dengan ukuran raksasa, tapi tidak bila anda memiliki ruangan kecil. LCD dengan ukuran besar sangat tidak nyaman untuk dinikmati karena LCD tersebut berjarak sangat dekat dengan anda dan keluarga duduk. Banyak langganan kami merasa nyaman bila berada pada jarak 3 sampai 6 kali dari ukuran lebar LCD. Artinya, bila jaran tempat anda duduk dan LCD adalah sekitar 2 meter, pertimbangkanlah untuk membeli LCD ukuran 32 inch. Bila anda memiliki jarak sekitar 3 meter, pertimbangkanlah ukuran 40 inch.
    Tips : Beberapa produk telah memiliki fitur yang memungkinkan anda menikmati layar lebih besar dengan jarak minimum tanpa mengalami iritasi mata.
  3. HD Ready
    Banyak kesalahan terjadi dalam pembelian LCD dengan HD ready. Adalah sebuah pemborosan untuk membeli LCD dengan HD Ready bila anda biasanya menikmati TV lokal dan nasional dengan antenna diatap rumah anda.
    Tips : Pertimbangkan LCD dengan HD ready bila anda penikmat layanan TV kabel yang sudah HD ready atau film DVD original.
  4. Jangan Mengabaikan Suara
    Sangatlah umum untuk focus kepada penglihatan daripada pendengaran sewaktu anda memutuskan membeli LCD. Namun dalam beberapa kasus, apa yang akan anda dengar lebih penting dari apa yang anda lihat bila anda ingin memiliki pengalaman entertainment terbaik. Setelah anda manguras saku anda untuk membeli LCD yang mahal, sangat mudah untuk melupakan speaker, sub-woofers dan fitur2 suara.
    Saran saya, JANGAN….Memilih LCD dengan suara yang bagus berarti anda harus mendengarkan beberapa produk yang berbeda pada showroom yang berbeda pula. Pilihlah produk mana yang dapat membuat anda terpana. Waspadalah terhadap produk dengan Treble yang tinggi atau Bass yang membuat anda mual. Sebaiknya berfokus pada hasil produksi suara dialog sebelum mengecek hal lain. Cobalah mendengarkan audio tersebut pada settingan netral. Ini akan memberikan anda gambaran awal atas audio yang anda dengar.
    Tips : Ingatlah untuk selalu membawa DVD atau CD anda untuk mengetes. Piringan Demo yang disediakan biasanya sudah di buat sedemikian rupa untuk hasil maksimum.
  5. Hindari Kabel Murah
    Tentu saja anda tidak membutuhkan kabel fiber sebesar selang air kebun anda (bayangkan apa jadinya rumah anda), namun berusahalah untuk mendapatkan kabel berkualitas baik daripada menggunakan kabel yang disertakan dalam paket pembelian produk. Kabel tembaga yang terlindung baik dan bebas oksigen tidaklah terlalu mahal, namun bisa meningkatkan kinerja produk audio-video anda.
  6. Jangan Berhemat Dengan Garansi
    Apakah anda hanya mendapatkan 1 tahun garansi atas LCD atau PLASMA TV mahal anda? Pikir lagi berapa mahal biaya perbaikan bila TV tersebut rusak di tahun ke dua atau ke tiga. Banyak toko saat ini menawarkan penambahan garansi dengan tambahan biaya. Pertimbangkanlah pilihan ini dengan baik.
    Tips : Baiklah, 3 tahun garansi memang lebih baik dari 1 tahun. Namun 10 tahun garansi? Mungkin sedikit berlebihan.
  7. Jangan Membeli Produk Yang Merusak Pemandangan
    Hampir pada sebagian besar rumah modern, entertainment system adalah pusat dari segala-galanya. Anda tentu ingin memiliki system yang mewah dan elegan, atau entertainment system paling komplit dan lengkap. Kabar baiknya adalah, banyak sekali produk yang tersedia di pasaran. Lebih baik lagi, suara bagus dan gambar bagus dapat dimiliki dengan merek berbeda dan ukuran berbeda pula.
    Tips : Bila anda memiliki insting ZEN dalam menginspirasi dekorasi anda, tentu anda akan menghindari kabel-kabel mengotori ruang keluarga anda. Pertimbangkan untuk menyewa tenaga professional untuk mengatur kabel-kabel speaker anda dengan baik.
  8. Simpanlah Remote Anda Dengan Baik
    Entertainment system anda akan dating dengan belasan remote control berbeda. Jika anda ingin menyederhanakan hidup anda, pertimbangkanlah untuk memiliki sebuah remote control universal untuk semua peralatan anda.
    Tips :Kehilangan remote control adalah hal terakhir yang harus anda lakukan. Kadang kala kehilangan remote control berarti anda harus membeli produk baru pula.

Tidak ada komentar: